Rabu, 19 Maret 2014

Kecantikan dan Kemuliaan Siti Aisyah RA


b31945747a47481018de766674e67321
Ada satu sosok muslimah yang memiliki kecantikan luar dan dalam yang patut kita teladani, beliau adalah Siti Aisyah RA. Siti Aisyah merupakan istri Rasulullah SAW yang memiliki wajah yang cantik sampai-sampai Rasulullah SAW memanggil beliau dengan nama “Khumaira” yang memiliki arti pipi yang kemerah-merahan. Selain itu, Aisyah juga merupakan perempuan yang cerdas yang telah Allah siapkan sebagai pendamping Rasulullah SAW dalam mengemban amanahnya sebagai Rasul dan juga sebagai penyejuk mata dan pelipur lara untuk Rasulullah SAW.
“Orang yang mulia dari kalangan laki-laki banyak, namun yang mulia dari kalan
gan wanita hanyalah Maryam binti Imron dan Asiyah istri Fir’aun, dan keutamaan Aisyah atas semua wanita sepeerti keutamaan tsarid atas segala makanan.”
(HR. Bukhari (5/2067) dan Muslim (2431))
Selain menjadi seorang pendamping yang selalu siap memberi dorongan dan motivasi kepada Rasulullah SAW di tengah beratnya medan dakwah dan permusuhan dari kaumnya, Aisyah juga tampil menjadi seorang penuntut ilmu yang senantiasa belajar dalam madrasah nubuwwah di mana beliau menimba ilmu langsung dari sumbernya. Aisyah tercatat termasuk orang yang banyak meriwayatkan hadits dan memiliki keunggulan dalam berbagai cabang ilmu di antaranya ilmu fikih, kesehatan, dan syair Arab. Setidaknya sebanyak 1.210 hadits yang beliau riwayatkan telah disepakati oleh Imam Bukhari dan Muslim dan 174 hadits yang hanya diriwayatkan oleh Imam Bukhari serta 54 hadits yang hanya diriwayatkan oleh Imam Muslim.
Siti Aisyah adalah istri yang paling dicintai oleh Rasulullah SAW. Para sahabat tahu betapa besarnya cinta Beliau kepada Aisyah. Mayoritas orang menyangka bahwa cinta Rasulullah kepada Aisyah ini hanya karena kecantikan dan kebaikannya saja. Pendapat ini sama sekali tidak bisa diterima. Rasulullah sangat mencintai Aisyah karena memang akhlak mulia atau kesalehannya. Kehidupan Siti Aisyah penuh kemuliaan, kezuhudan, ketawadhuan, pengabdian sepenuhnya kepada Rasulullah, dan selalu banyak beribadah kepada Allah.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Semoga Bermanfaat Semuanya, mohon koreksi dan saranya ya sahabat

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More